Selasa, 05 Januari 2016

besi beton ulir vs besi beton polos | info 081288711562, 02158909935

Ketika berencana untuk mendirikan sebuah bangunan salah satu hal yang harus diperhatikan ialah persiapan. Persiapan yang dimaksud ialah biaya yang digunakan, tenaga borongan atau pekerja, dan material yang akan digunakan. Persiapan tersebut hendaknya dilakukan secara matang agar bangunan yang didirikan hasilnya sesuai dengan apa yang diharapkan. Contohnya material, tentu harus yang bermutu agar bangunan bisa bertahan dalam jangka waktu panjang.
Besi beton merupakan salah satu jenis material yang menjadi pilihan banyak orang untuk digunakan sebagai struktur bangunan karena mempunyai tegangan yang tinggi. Bahkan, besi beton juga menjadi kebutuhan orang-orang untuk digunakan dalam pembuatan jembatan dan drainase jalan. Ada dua produk besi beton yang pada umumnya bisa dipilih yakni besi beton ulir dan polos. Kedua jenis material tersebut memiliki perbedaan yang cukup jelas, salah satunya terlihat pada permukaan benda.
Besi beton ulir memiliki permukaan yang berbentuk sirip dan tidak halus. Sementara besi beton polos juga sesuai dengan namanya ,yaitu permukaannya polos, tidak kasar melainkan licin dan halus. Selain itu, perbedaan kedua jenis material tersebut juga terletak pada kualitas bahan, teknik pemasangan, dan juga harga. Untuk mengetahui hal tersebut lebih dalam, silakan Anda simak uraian berikut ini:
Kualitas bahan
Perbedaan besi beton ulir dan besi beton polos umumnya dapat dilihat daripada kualitas bahan. Besi beton ulir memiliki kekuatan tekan minimum 400 Mpa, sedangkan besi beton polos hanya 240 Mpa. Tentu saja, kekuatan besi beton ulir memiliki daya tahan yang lebih kuat dibandingkan besi beton polos. Nah untuk mendirikan sebuah bangunan, memilih besi beton ulir tentu menjadi pilihan tepat.
Teknik pemasangan
Pada umumnya keunggulan besi beton juga tampak terlihat ketika teknik pemasangan dilakukan. Besi beton ulir relatif sulit dibengkokkan karena tekanannya cukup tinggi, sebaliknya dengan besi beton polos relatif mudah dibengkokkan karena kekuatan tekanannya lebih kecil. Tak bila para pemborong menyarankan untuk menggunakan besi beton polos agar borongan dapat mereka selesaikan dalam waktu yang lebih cepat.
Harga
Berbicara mengenai harga tentu bukan hal asing untuk didengar bahwa kualitas bahan dapat mempengaruhi tingkat harga. Besi beton ulir yang mempunya tekanan lebih tinggi tentu memiliki tarif yang lebih tinggi pula. Contoh, harga besi beton ulir yang memiliki dimensi 22mm harganya sekitar 293 ribu rupiah sampai 321 ribu rupiah. Sementara besi beton polos menawarkan tarif senilai 292 ribu rupiah hingga 320 ribu rupiah. Meskipun perbedaan harga besi beton tidak begitu nampak, akan tetapi bila besi beton yang dibeli jumlahnya banyak, bukan tidak mungkin harga belinya juga akan menjadi tinggi. Terkecuali bila perusahaan menawarkan promo besi beton yang dapat memberi sedikit keringanan

Kendatipun besi beton ulir dan besi beton polos memiliki perbedaan yang tampak jelas, tapi keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai penguat bangungan entah sebagai pondasi basement, tiang injakan jembatan, ataupun bangunan-bangunan tinggi lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar